Inilah Bahan Makanan Termahal Di Asia Tenggara, Ada Yang Harganya Sampai 1 Milyar!


Saat membahas bahan makanan termahal yang akan terlitas di benak kebanyakan orang mungkin adalah Black Truffle, Saffron atau Caviar. Ketiga bahan makanan ini memang selalu menduduki peringkat sebagai baham makanan termahal di dunia selama bertahun-tahun. Tapi bahan makanan biasanya bukanlah makanan yang berasal dari Asia melainkan Eropa.
Tapi bukan berarti bahan makanan dari Asia itu murah-murah, beberapa bahan makanan yang ada di Asia ada pula yang harganya tergolong sangat mahal. Hal serupa juga berlaku di Asia Tenggara, di wilayah yang mencakup 11 negara ini juga terdapat bahan makanan yang tergolong berharga fantasti.
Namun sedikit berbeda dengan bahan makanan mahal lain yang jadi mahal karena rasanya yang sangat enak dan tak ada duanya. Bahan makanan di Asia Tenggara yang tergolong super mahal tak hanya melulu soal rasa tapi ada juga beberapa faktor lain. Beberapa faktor tersebuh diantaranya manfaat kesehatan, bagian dari suatu ritual hingga ada pula memiliki efek mistis.
Nah deretan makanan termahal di Asia Tenggara inilah yang kali ini akan anehdidunia.com bagikan informasinya. Supaya tak penasaran lagi berikut ini adalah bahan makanan termahal di asia Tenggara versi anedidunia.com
Ayam Cemani, Indonesia
Banyak orang mugkin lebih mengenal ayam cemani sebagai ayam mistis yang biasa digunakan dalam ritual perdukunan. Anggapan ini tak sepenuhnya salah karena dalam kepercayaan jawa kuno, ayam yang memiliki warna hitam legam pada seluruh bagian tubuh sampai ke tulang-tulangnya ini memang ayam yang dianggap memiliki kekuatan magis. Karena itu ayam ini juga menjadi bagian penting untuk melengkapi sesajen dalam beberapa ritual kejawen.
Namun meski begitu ayam ini juga terkenal memiliki rasa yang nikmat. Orang yang pernah mencicipi daging ayam cemani sering menggambarkan citar asa daging cemani sangatlah gurih. Karena itu selain sebagai sarana ritual ayam ini kini juga sering menjadi buruan para pecinta kuliner. Namun untuk menikmati daging cemani, tentu tak murah karena ayam yang dianggap bisa membawa keberuntungan ini harganya tak murah. Satu ekor ayam cemani saat ini rata-rata harganya adalah sekitar 2 juta rupiah untuk yang betina dan 4 juta rupiah untuk yang jantan.
Jamur Morel Kashmir, Myanmar
Jamur dengan tekstur mirip dengan spoon ini sebenarnya lebih banyak di temukan di wilayah Asia Tengah, tepatnya pada pegunungan yang ada Kashmir dan Himalaya. Namun jamur morel kashmir ini juga bisa ditemukan di wilayah Myanmar, khusunya yang berbatasan dengan jalur pegunungan Himalaya.
Jamur ini konon memiliki rasa yang sangat lezat dan sama sekali tak memiliki aroma khas jamur yang kurang disukai oleh sebagian orang. Karena itu jamur morel merupakan salah satu jamur yang menjadi favorit untuk dimasak. Namun sayang karena tergolong sebagai tanaman langka yang hanya ada di pedalaman hutan atau puncak gunung. Jamur morel jadi memiliki harga yang lumayan mahal. Untuk satu kilogram jamur morel kashmir paling tidak kita harus merogoh kocek hingga 8 juta rupiah.
Biji Kopi Luwak, Indonesia
Nama kopi luwak tentu sudah tak asing bagi kita, kopi yang berasal dari kotoran luwak ini sudah sangat terkenal di dunia berkat rasanya yang sangat nikmat. Kopi Luwak dinilai sebagai kopi terbaik didunia berkat tingkat keasamanya yang dianggap sempurna. Sahabat anehdidunia.com tingkat keasaman ini sendiri hanya bisa di dapat melalu proses fermentasi dalam perut luwak. Karena itu kopi luwak tergolong sangat langka, dari 100 kg buah kopi hanya sekitar 100 buah saja yang berhasil menjadi biji kopi luwak. 
Ini terjadi karena luwak dikenal sebagai hewan yang sangat pemilih saat memakan buah kopi. Luwak hanya akan memilih biji terbaik, karena itu hanya sedikit saja kopi luwak yang bisa diproduksi. Alhasil harga kopi luwak jadi sangat mahal hingga mencapai 5 juta rupiah per ons. Meski begitu biji kopi luwak tak pernah sepi peminat khususnya bagi para pecinta, hal ini karena kopi luwak memberikan sensasi rasa yang tak mungkin di dapat dari kopi lainya. 
Sarang Burung Walet, Thailand
Sarang Burung Walet, sebenarnya bisa dibudidayakan di semua negara yang ada di Asia Tenggara. Namun jika berbicara soal kwalitas makan sayang burung walet asal kawasan bagian Utara kota Chiangmai di Thailand bisa dibilang merupakan yang terbaik di Asia Tenggara. Sarang Walet asal Chiangmai ini merupakan jenis sarang walet putih yaitu sarang walet yang nyaris seluruh bagianya terbuat dari ari liur walet. 
Sarang walet berkualitas tinggi seperti ini hanya bisa di dapatkan dari burung walet jenih Germans Swiftlet yang sangat sulit untuk didudayakan. Karena itu harga sarang walet jenis ini sangat mahal hingga mencapai 30juta rupiah per kilogramnya. Sayang walet sendiri biasanya dimasak menjadi sup dan dianggap sangat baik bagi kesehatan karena memiliki kandungan gizi yang tinggi. Selain itu sarang burung walet sejak dulu juga dianggap sebagai simbol status sosial dan dikenal sebagai makanan para raja. Karena itu orang kadang memakan sarang burung tak hanya karena rasa dan manfaatnya, namun juga untuk menunjukan status sosialnya yang tinggi.  
Tedong Saleko, Indonesia
Mungkin tak banyak yang menyadari jika Tedong Saleko atau Kerbau Bule adalah makanan termahal di Asia Tenggara. Selama ini orang hanya menganggap tedong Saleko sebagai bagian dari upacara Rambu Solo, sebuah upacara kematian dari Kabupaten Toraja, Sulawesi Selatan. Kerbau albino dengan corak hitam khas ini merupakan bagian penting dalam upacara Rambu Solo karena merupakan bagian dari ritual persembahan untuk mengantar arwah keperistiratan terakhirnya. Dalam kepercayaan masyarakat Toraja, Kerbau Bule merupakan hewan yang bisa mengantarkan arwah ke surga.
Karena itu meski semahal apapun mereka tetap akan berusaha membeli kerbau bule agar bisa menganatar arwah anggota keluarganya ke surga. Harga kerbau berjenis Tedong Saleko ini sendiri berkisar di angka 1 milyar rupiah. Sahabat anehdidunia.com setelah disembelih dalam upacara Rambu Solo, daging Tedong Saleko biasanya akan dimasak dan dibagikan pada para tamu. Jadi pada dasarnya hewan berharga 1 milyar ini akhirnya menjadi makanan juga. Tapi bukan makanan biasa tentunya, karena tiap potong dagingnya mungkin bisa berharga jutaan rupiah.
Sahabata anehdidunia.com itulah daftar makanan termahal di Asia Tenggara, anehdidunia.com. Menurut kalian mana yang paling menarik, atau mungkin kalian justru pernah mencicipinya.
Referensi:
https://www.liputan6.com/citizen6/read/3430733/5-makanan-termahal-di-asia-tenggara-2-di-antaranya-dari-indonesia
https://www.thailanddiscovery.info/thailand-birds-nest-soup/
http://www.mongabay.co.id/2015/12/05/inilah-nasib-si-belang-kerbau-seharga-miliaran-rupiah-dalam-ritual-adat-toraja/
https://www.pegipegi.com/travel/kenapa-kopi-luwak-istimewa-dan-berharga-super-mahal-ya/

Aneh dan Unik

Link Alternatif Judi Online

Sumber


Like it? Share with your friends!

0
, 0 points

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Inilah Bahan Makanan Termahal Di Asia Tenggara, Ada Yang Harganya Sampai 1 Milyar!

log in

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Meme
Video
Audio
Image