Merekalah Gitaris Dunia Yang Memiliki Skill Tingkat Dewa


Bagi para sobat AnehdiDunia.com yang memang menggemari dunia musik, pastinya anda mempunyai musisi-musisi idola anda masing-masing. Dan tentunya kebanyakan orang akan juga mengetahui sejarah hidup dari musisi idolanya tersebut. Perlu anda tahu, bahwa dia antara banyaknya para musisi baru yang era ini mulai bermunculan, ternyata banyak juga musisi-musisi lawas yang namanya masih melegenda serta masih diperhitungkan. Bahkan banyak di antaranya juga masih menjadi panutan serta pakem dalam dunia musik. 
Bicara soal musik, pastinya juga tidak lepas dari para sosok gitaris yang namanya sudah sangat melegenda dalam perjalanan sejarah musik dunia. Para gitaris tersebut memiliki jalan hidup dan sisi kreatifitasnya masing-masing tentunya, namun ada beberapa di antaranya yang memang mendapatkan pengakuan khusus sebagai gitaris dengan sklill bermain gitar yang luar biasa. Para legenda tersebut ada yang masih hidup sampai sekarang, namun juga ada yang sudah wafat. Nama harum yang diwariskan para gitaris hebat tersebut tentunya akan selalu dikenang, baik oleh para penggemar fanatiknya maupun oleh dunia. Berikut bisa anda simak daftar para gitaris legendaris yang mendapat pengakuan sebagai gitaris dengan skill tingkat dewa tersebut :

Jimmy Page – Led Zeppelin
Beliau dilahirkan dengan nama lengkap James Patrick Page, Jr. pada tanggal 9 Januari tahun 1944, tepatnya di kota Heston, Inggris. Permainan gitar Jimmy terilhami oleh seorang gitaris bernama Scotty Moore dan juga James Burton, di mana kedua gitaris itu terlibat dalam proses rekaman beberapa lagu milik Elvis Presley. Lagu miliki Elvis Presley yang berjudul “Baby Let’s Play House” telah membuat Jimmy berniat untuk mendalami instrument gitar semenjak dia berusia 13 tahun. Pada saat dia masih remaja, Jimmy tergabung dalam sebuah band (tercatat sebagai band pertamanya) yang bernama Neil Christian & the Crusaders. Dalam band itu, Jummy dan kawan-kawannya sempat melakukan beberapa tour, namun itu hanya berlangsung beberapa waktu saja, karena Jimmy sering mengalami demam.
Jimmy sempat belajar di sebuah sekolah jurusan seni, namun takdir membawanya kembali ke dunia musik. Pada pertengahan tahun 1965 Jimmy Page diminta untuk ikut bergabung dengan sebuah band bernama The Yardbirds, yaitu sebuah band beraliran rock dan berbasis aliran blues. The Yardbird sempat menelurkan sebuah lagu hit berjudul “For Your Love”.
Selain terkenal sebagai seorang gitaris kelas kakap, Jimmy Page juga dikenal baik sebagai seorang penulis lagu yang sangat piawai, dan juga seorang produser musik yang handal. Jimmy berhasil meraih kesuksesan besarnya dengan membawa nama besar Led Zappelin ke kancah rock dunia. Debut bermusik Jimmy dengan band Led Zeppelin dimulai sejak tahun 1969.
Banyak pihak dan media musik dunia yang mengakui bahwa Jimmy adalah seorang legenda yang ada di dunia gitar, di mana kemampuannya dalam bermain gitar serta menulis lagu sudah mengguguli nama besar Led Zeppelin itu sendiri. Bahkan, para gitaris top dunia juga mengakui bahwa gaya permainan gitar Jimmy tidak bisa dianggap remeh, karena Jimmy memang bermain dengan skill yang di atas rata-rata. Meskipun pada saat ini dia sudah masuk ke usia yang tua, namun sang dewa gitar tersebut masih menjadi inspirator bagi para gitaris top masa kini. Jimmy telah dilantik dalam gelar Rock and Roll Hall of Fame dua kali berturut-turut. Pada awal tahun 2010 lalu, Jimmy masuk ke peringkat nomor 2 di dalam daftar bergengsi, yaitu “Top 50 Guitarists of All Time” versi Gibson. Kemudian pada pertengahan 2007, Jimmy berhasil masuk urutan nomor 4 di daftar “100 Wildest Guitar Heroes”.
Jimi Hendrix – Jimi Hendrix Experience
Rasanya tidak sah jika bicara soal skill bermain gitar, namun tidak membicarakan sang legendaris yang satu ini, yaitu Jimi Hendrix. Bukan sebuah hal yang mengherankan memang jika sang dewa gitar ini masuk ke dalam jajaran gitaris dunia yang memiliki skill tingkat dewa. Lepas dari kehidupan Jimi yang penuh kontroversi, sosok Jimi Hendrix memang patut diakui sebagai pemain gitar yang berkarakter serta mampu membuat para penikmatnya menjadi tercengang. Selain Jimi dikenal memiliki skill tinggi dalam bermain gitar, dia juga selalu tampil penuh kharisma di setiap panggung yang ditungganginya, itulah mungkin yang membuat Jimi selalu nampak memiliki bius dan sihir tersendiri guna menghibur semua penggemarnya.
Jimi memang tercatat sering terlibat dalam penggunaan alkohol dan obat-obatan terlarang, di sanalah sisi gelap Jimi yang membuat dia juga tampil sebagai sosok rockstar yang fenomenal. Kendati demikian, Jimi Hendrix sudah terlanjur menjadi sosok musisi yang sangat mengilhami dunia musik hingga saat ini, khususnya dalam permainan gitar listrik. “The Rock and Roll Hall of Fame” memberikan gelar pada Jimi sebagai seorang pemain gitar terbaik sepanjang sejarah musik rock dunia.
Jimi Hendrix lahir di kota Seattle, Washington, pada tanggal 27 November tahun 1942. Seandainya masih hidup, saat ini Jimi telah berusia 76 tahun lalu. Sebenarnya Jimi lahir dengan nama kelahiran Johnny Allen Hendrix, kemudian karena alasan tertentu, dia mengganti namanya menjadi James Marshall Hendrix. Perlu anda tahu, walau Jimi Hendrix sudah tidak ada di dunia ini, dia selalu dinobatkan sebagai seorang gitaris terbaik sepanjang jaman berkali-kali, karena dia juga sudah berhasil melahirkan riff-riff bemusik yang monumental dan patut dikenang selamanya.
Kendati karier bermusik Jimi Hendrix terbilang sangat pendek, Jimi sudah sukses menelurkan tiga album besar yang hebat, dan juga beberapa penampilan live yang sangat spektakuler serta tercatat dalam sejarah. Para pecinta musik rock  seluruh dunia sepakat, bahwa pasca kematian Hendrix yang kontroversial itu, musik rock di dunia ini tidak akan pernah sama kembali seperti ketika Jimi masih hidup.
B.B. King
BB King, adalah salah satu musisi beraliran blues murni. King masih sangat dikenang dan dijadikan panutan hingga saat ini, karena dia berhasil mendefinisikan genre blues selama kurang lebih tujuh dekade. King juga telah terlanjur menginspirasi banyak musisi dunia lainnya, yang sudah tidak bisa terhitung jumlahnya, itu berkat keunikannya dalam memainkan instrumen gitar.
Sejarah singkatnya, BB King dilahirkan dengan nama asli Riley B. King tepatnya sekitar 93 tahun yang lalu. Dia lilahirkan pada tanggal 16 September tahun 1925, di kota Berclair, Mississippi. King terlahir sebagai bocah yang harus dibesarkan di dalam keluarga yang sangat miskin, di mana King memang harus turut bekerja di sebuah perkebunan kapas di Mississippi. Pada masa itu, rasisme dan perbudakan kulit hitam di Amerika masih sangat kental.
Namanya kini sangat dikenal sebagai pemusik yang membesarkan nama blues. Dari salah satu lagunya, berjudul Three O’ Clock Blues, para sahabat AnehduDunia.com pasti bisa menilai skill Bapak King ini dalam memainkan gitarnya. Banyak pihak yang menilai, King memiliki permainan yang sangat berkarakter dan sangat original, serta sangat menyentuh hati para pencinta musik blues. King terbukti telah sukses menggabungkan aliran blues dengan unsur electric fire serta unsur jazz polish pada karya-karyanya. Sepanjang perjalanannya sebagai musisi blues hebat, King telah berhasil membawa musik blues ke tempat yang sangat terhormat, itu juga berkat cara unik dia dalam bermain gitar. Keunikan dan kekhasan BB King dalam bermain gitar, terbukti tidak dimiliki oleh gitaris manapun hingga saat ini. 
Eddie Van Halen – Van Halen
Gitaris handal selanjutnya bernama Edward Lodewijk van Halen, yang dilahirkan di kota Nijmegen, Belanda, pada tanggal 26 Januari tahun 1955. Saat ini sang dewa gitar masih hidup, dan berusia umur 64 tahun. Eddie adalah gitaris dari grup rock Amerika papan atas bernama Van Halen. Eddie Van Halen juga terkenal sebagai pemain instrumen gitar listrik yang mempunyai banyak sekali inovasi dalam memainkan gitarnya. Grup rock Van Halen sudah mulai populer di dunia sejak era tahun 1980-an.
Ayah Eddie yang bernama Jan Van Halen adalah juga seorang musisi saksofon keturunan Swedia. Kemudian ibu Eddie bernama Eugenia van Beers adalah wanita blasteran Eropa dan Indonesia. Keluarga Eddie bermigrasi ke California pada pertengahan tahun 1962. Sejak kecil, Eddie sudah akrab dengan berbagai alat musik, sampai pada akhirnya dia memutuskan untuk benar-benar menekuni gitar. Dari sanalah Eddie menemukan cinta sejatinya, yaitu gitar. Pada masa remaja, Eddie membentuk sebuah grup musik bernama Mammoth. Setelah berselang beberapa lama, hingga Eddie beranjak dewasa, formasi dari grup ini semakin solid, dan Eddie mengganti nama grupnya itu menjadi Van Halen, itu terjadi di tahun 1974. Hingga pada akhirnya Van Halen berhasil masuk ke deretan grup musik rock terbesar sepanjang sejarah.
Pada saat para gitaris top dunia sibuk berdebat tentang gitar Fender ataukah Gibson yang yang layak mendapat gelar produk gitar terbaik dunia, Eddie malah melakukan sebuah terobosan yang sangat luar biasa. Pada saat itu Eddie melakukan sebuah mengkombinasi antara gitar Fender dan gitar Gibson, sehingga Eddie berhasil menciptakan gitar versi baru yang dinilai sangat legendaris. Gitar perkawinan silangnya itu diberi nama Frankestrat, dan sampai saat ini gitar ciptaan Eddie masih sangat dikagumi oleh musisi-musisi top dunia lainnya.
Eddie Van Halen juga dianggap sebagai salah satu gitaris hebat yang pernah hidup di bumi. Sampai catatan sejarah musik pernah mencatat di mana ada dua masa atau era gitar, yaitu era sebelum Van Halen, dan juga era sesudah Van Halen. Skill permainan dari Eddie Van Halen ini sangat mengispirasi banyak musisi dunia, dan sampai saat ini gaya permainan Eddie masih dijadikan patokan para generasi muda dalam menekuni dunia permainan instrumen gitar.
Robert Johnson
Terlahir dengan nama Robert Leroy Johnson, dia lahir di Hazlehurst, Mississippi. Namun, Robert meninggal pada usia yang sangat muda, yaitu pada umur 27 tahun. Terlepas dari kematiannya yang sangat muda itu, Robert dikenal sebagai seorang pemain gitar handal, juga seorang penulis lagu, dan seorang penyanyi dengan aliran blues murni. Rekaman beberapa lagunya tercatat dalam sejarah, dan sangat dikenang sampai detik ini. Pada rekaman yang dibuat pada tahun 1936 dan tahun 1937 itu, Robert telah memerlihatkan skill dan kemampuannya dalam menggabungkan teknik menyanyi dan memainkan gitar. Lagu yang pernah dia tulis dan rekam itu, ternyata sudah terlanjur mampu untuk berpengaruh sejarah musik dunia pada generasi-generasi selanjutnya.
Namun, tercatat bahwa riwayat hidup Robert Johnson sangatlah suram, di mana kehidupannya juga sangat jarang didokumentasikan media. Kisah kematiannya yang sangat muda itu jugab menimbulkan banyak sekali konspirasi, ada beberapa pihak yang mengatakan bahwa Robert menjual jiwanya terhadap iblis, guna bisa mendapatkan kemahirannya dalam bermain gitar tersebut. Semasa masih hidup, Robert memiliki penghasilan yang sangat kecil, dan masih belum terlalu banyak mendapat pengakuan dari banyak orang, dan saat itu dia masih seorang musisi jalanan.
Setelah beberapa lama, dan dilakukan beberapa perekaman ulang pada lagu-lagunya, nama Robert mulai dilihat oleh dunia. Rekaman ulang itu berhasil yang dirilis pada tahun 1961, yaitu di dalam album kompilasi berjudul “King of the Delta Blues Singers”. Pada album ini, karya-karya Robert mendapat perhatian banyak orang, khususnya para pengamat musik. Dan pada akhirnya, nama Robert kini diakui sebagai induk musik aliran blues. Di sini Robert dinilai sebagai pencetus gaya delta blues dalam bermusik. Bahkan, setelah sekian lama Robert meninggal dan hanya segelintir orang yang tahu tentang karyanya, kini Robert sangat diperhitungkan banyak pemusik rock dunia, yaitu sebagai seseorang musisi yang punya pengaruh penting dalam sejarah musik dunia. Bahkan, gitaris terkenal yang bernama Eric Claton menyebutkan bahwa Robert adalah pemain gitar blues terpenting yang pernah hidup.
Kini, nama Robert Johnson telah berhasil diabadikan dalam daftar para legenda musik Rock and Roll, yaitu sebagai tokoh pencetus yang sangat berpengaruh. Nama Robert Johnson kini berada pada peringkat 5 sebagai 100 Pemain Gitar Terhebat Sepanjang Masa, versi majalah Rolling Stones.
Referensi :
https://www.kaskus.co.id/thread/590769fba09a3902408b4568/10-gitaris-legendaris-dengan-skill-paling-top-di-dunia/
https://tirto.id/jimi-hendrix-mati-muda-tapi-namanya-begitu-melegenda-cAHv
http://hiburan.metrotvnews.com/read/2015/05/15/126358/bb-king-sepenggal-kisah-perjalanan-sang-raja
https://id.wikipedia.org/wiki/Eddie_Van_Halen

Poker online

Judi online

Situs Alternatif Judi Online


Like it? Share with your friends!

0
, 0 points

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Merekalah Gitaris Dunia Yang Memiliki Skill Tingkat Dewa

log in

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Meme
Video
Audio
Image